Kamis, 04 November 2010

E-COMMERCE DAN PERKEMBANGANNYA DI INDONESIA

Pendahuluan
Pada era pasar bebas seperti sekarang ini, perdagangan antar Negara akan menjadi sangat pesat. Ada istilah yang berkata semakin maju teknologi maka semakin maju pula perdagangan. Ada beberapa cara yang sedang diminati di dunia yaitu e-commerce. E-commerce tidak mewajibkan pedagang dan pembeli bertatap muka secara langsung. Tetapi dapat menggunakan sarana teknologi yang sangat maju saat ini yaitu internet.

Tinjauan Pustaka
• Selanjutnya Yuan Gao dalam Encyclopedia of Information Science and Technology (2005), menyatakan E-Commerce adalah penggunaan jaringankomputer untuk melakukankomunikasibisnis dan transksaksi komersial.Kemudian di website E-Commerce Net, E-Commerce didefinisikan sebagaikegiatan menjual barang dagangan dan/atau jasa melaluiinternet.Seluruhkomponen yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan disini,sepertiproduk yang tersedia, cara pembayaran, jaminan atas produk yangdijual, carapromosi dansebagainya. seperti customer service, produk yang tersedia, cara pembayaran, jaminan atas produk yang dijual, cara promosi dan sebagainya. Seluruh definisi yang dijelaskan di atas pada dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen transaksi (pembeli, penjual, barang, jasa dan informasi), subyek dan obyek yang terlibat, serta media yang digunakan (dalam hal ini adalah internet).
• Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Dengan menghubungkan jaringan komputer perusahaan dengan internet, perusahaan dapat menjalin hubungan bisnis dengan rekan bisnis atau konsumen secara lebih efisien. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga istilah E-Commerce pun menjadi identik dengan menjalankan bisnis di internet.
• Pertukaran informasi dalam E-Commerce dilakukan dalam format dijital sehingga kebutuhan akan pengiriman data dalam bentuk cetak dapat dihilangkan. Dengan menggunakan sistem komputer yang saling terhubung melalui jaringan telekomunikasi, transaksi bisnis dapat dilakukan secara otomatis dan dalam waktu yang singkat. Akibatnya informasi yang dibutuhkan untuk keperluan transaksi bisnis tersedia pada saat diperlukan. Dengan melakukan bisnis secara elektronik, perusahaan dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan pengiriman informasi. Proses transaksi yang berlangsung secara cepat juga mengakibatkan meningkatnya produktifitas perusahaan.
• Dengan menggunakan teknologi informasi, E-Commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan respon. Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam bersaing.
• Ada website whatis.com terdapat pengertian e-commerce yaituberhubungan dengan pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui internet, khususnya World wide web
• Menurut Robert E. Johnson, III (http://www.cimcor.com), e-commercemerupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama
• Pada Website ECARM (The Society For Electronic Commerce And Rights Management) dijelaskan bahwa e-commerce secara umum menunjukkan seluruh bentuk transaksi yang berhubungan dengan aktifitas-aktifitas perdagangan, termasuk
o organisasi dan perorangan yang berdasarkan pada pemrosesan dan transmisi data dijital termasuk teks, suara, dan gambar-gambar visual (OECD, 1997)
• Pada Website Planetweb E-commerce Solutions, e-commercememiliki arti bahwa sebuah website dapat menjadi sebuah modal bagi perusahaan, dimana website tersebut dapat menghasilkan uang dan dapat menggambarkan perusahaan anda di internet pada saat yang bersamaan.
• ada Website E-commerce Net, secara sederhana dijelaskan bahwa e-commerce adalah menjual barang dagangan dan / atau jasa melalui internet. Seluruh pelaku yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan disini, seperti customer service, produk yang tersedia, kebijakan-kebijakan pengembalian barang dan uang, periklanan, dll.
• Menurut Gary Coulter dan John Buddemeir (E-commerce Outline) :e-commerce berhubungan dengan penjualan, periklanan, pemesanan produk, yang semuanya dikerjakan melalui internet. Beberapa perusahaan memilih untuk menggunakan kegiatan bisnis ini sebagai tambahan metode bisnis tradisional, sementara yang lainnya menggunakan internet secara eksklusif untuk mendapatkan para pelanggan yang berpotensi.


PEMBAHASAN
Aplikasi E-Commerce meliputi bidang saham, pekerjaan, pelayanan keuangan, asuransi, mall, pemasaran dan periklanan on-line, pelayanan pelanggan, lelang, travel, hardware dan Software PC, hiburan, buku dan musik, pakaian, ritel dan publikasi on-line. Setelah membahas mengenai definisi e-commerce, sekarang kita akan membahas perkembangan e-commerce di Indonesia. E-com, atau Electronic Commerce merupakan salah satu teknologi yang berkembang pesat dalam dunia bisnis dan per-internet-an. Penggunaann sistem E-commerce, sebenarnya dapat menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Misalnya bagi pihak konsumen, menggunakan E-Commerce dapat membuat waktu berbelanja menjadi singkat. Selain itu, harga barang-barang yang dijual melalui E-Commerce biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga di toko, karena jalur distribusi dari produsen barang ke pihak penjual lebih singkat dibandingkan dengan toko konvensional.
Di Indonesia, istilah e-commerce kurang popular tetapi banyak digunakan. Yang paling mudah kita temui adalah di Jejaring social seperti Facebook, mengapa facebook menjadi sarana e-commerce? Karena di facebook selain menjadi jejaring social tetapi menjadi sarana orang sebagai tempat untuk mempromosikan produk mereka. Di facebook banyak kita jumpai toko-toko online yang menjual produk seperti sepatu, baju bahkan mereka menyediakan layanan khusus untuk mengantarkan produk mereka kepada pembeli.
Selain itu banyak toko-toko computer yang terletak di manga dua memasarkan produknya melalui internet seperti rakitan.net , bhinneka.com. Selain itu banyak pula seperti situs toko online seperti bursabaju.com, tokoonline88.com, gramedia.com.
KELEBIHAN E-COMMERCE
 Penjual dan pembeli tidak perlu bertatap muka secara langsung
 Sistem pembayaran yang mudah yaitu menggunakan Transfer
 Pembeli mendapat barang langsung di rumah pembeli karena menggunakan layanan delivery order
 Elctronic commerce memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan harga lebih rendah, sehingga orang yang kurang mampu bisa membeli lebih banyak dan meningkatkan taraf hidup mereka.
 Electronic commerce memungkinkan orang untuk bekerja di dalam rumah dan tidak banyak keluar untuk berbelanja, akibatnya ini akan menurunkan arus kepadatan lalu lintas di jalan serta mengurangi polusi udara.

Kelemahan E-Commerce
 Ada kekurangan sistem keamanan, kehandalan, standar, dan beberapa protokol komunikasi
 Ada bandwidth telekomunikasi yang tidak mencukupi
 Alat pengembangan perangkat lunak masih dalam tahap perkembangan dan sedang berubah dengan cepat
 Sulit menyatukan perangkat lunak Internet dan EC dengan aplikasi dan database yang ada sekarang ini .
 Vendor-vendor kemungkinan perlu server web yang khusus serta infrastruktur lainnya, selain server jaringan
 Beberapa perangkat lunak EC mungkin tidak akan cocok bagi hardware tertentu, atau tidak bisa dipasang bersama dengan beberapa sistem pengoperasian atau komponen-komponen lain.

Kesimpulan
E-Commerce adalah system perdagangan yang menguntungkan kedua belah pihak yantu pembeli dan penjual karena menghemat waktu, menghemat biaya.

Referensi
http://www.matabumi.com/cerita/perkembangan-e-commerce-di-indonesia
www.cert.or.id/~budi/presentation/e-commerce.ppt
http://mnfuady.wordpress.com/2008/07/25/sejarah-e-commerce/
http://yatno.info/index.php?option=com_content&view=article&id=21:perkembangan-e-commerce-di-indonesia&catid=10:e-commerce&Itemid=15&lang=en
http://bungasitianessya.blogspot.com/2010/05/e-commerce-sementara-itu-kalakota-dan.html
didoe.files.wordpress.com/2008/03/perkembangan-e.doc
http://e-commerce.site90.net/2008/10/03/perkembangan-e-commerce/
http://www.mik.co.id/?p=675
http://republikbm.blogspot.com/2008/01/e-commerce-perkembangan.html
http://www.resep.web.id/bisnis-keuangan/perdagangan-elektronik-e-commerce-perkembangan-dan-prospeknya-di-indonesia.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar