Senin, 02 Januari 2012

Tugas 4.1

Tentang MYOB


MYOB (Make Your Own Bussiness) accounting merupakan program computer akuntansi (accounting software), MYOB dimulai di Australia pada tahun 1991 dan merupakan salah satu perusahaan yang sukses mengenali kebutuhan yang unik dari perusahaan kecil-menengah sampai perusahaan menengah-besar akan sistem manajemen bisnis (business management systems) yang powerful, mudah dan terjangkau. Tahun 1996, MYOB Inc., terus berkembang dan bergerak dibawah payung MYOB Limited. MYOB kemudian mengembangkan 6 cabang untuk meng-cover pemasaran MYOB di seluruh dunia, yaitu MYOB US, Inc., MYOB Canada Inc., MYOB Australia Pty Ltd., MYOB New Zealand, MYOB UK Ltd. dan MYOB Asia, yang saat ini terus berkembang dengan munculnya versi khusus negara lainnya, versi Malaysia adalah yang pertama dia Asia, sebelum munculnya versi Singapura, Hongkong dan Asia-International, dan sekarang telah lebih banyak lagi versi negara yang tersedia.


Dengan berkembangnya informasi keuangan yang bersifat urgent, diperlukan suatu instrument pengolahan data-data keuangan menjadi informasi keuangan yang bersifat final. MYOB sebagai software yang mampu mengolah setiap input data menjadi output informasi secara cepat. Namun perlu diketahui bahwa MYOB dibuat untuk memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan. Menutup kemungkinan bahwa software MYOB bisa dioperasionalisasikan untuk membuat laporan keuangan seperti yang lazim dalam Accounting Based (Akuntansi Dasar).


Kegunaan MYOB dalam kegiatan administrasi perusahaan

Dalam proses bisnis perusahaan tentu sangat dibutuhkan suatu tool untuk mempermudah jalannya operasi bisnis perusahaan. Diantara banyak tool yang digunakan, tentu saja peran aplikasi bantu pencatatan transaksi keuangan sangat penting sekali dibutuhkan dan dalam hal ini adalah sangat penting akan peran software akuntasi MYOB. Berikut kegunaan MYOB dalam kegiatan administrasi perusahaan:

Alat bantu orang – orang untuk menyelesaikan pekerjaan akuntansi.

Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan.

Mengerti lebih dalam bisnis.

membantu kita dalam proses penjualan dan pembelian, track piutang dagang (receivable), hutang dagang (payables) and pajak (GST), email your quotes dan invoice dan banyak lagi – semuanya hanya dengan meng-klik beberapa tombol saja.

Mengelola barang dagangan.

Untuk memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan.

Cara Menjalankan MYOB

Bagi para pemula yang akan menggunakan program MYOB, khususnya MYOB Accounting V 12 ke atas saya punya tips untuk memulai memasukkan data :
> Masuk Program MYOB (klik shortcutnya aja ato lewat start > all program > MYOB Accountin V12
> Pilih CREATE untuk membuat data baru
> Next
> Isikan data perusahaan mulai nama perusahaan (company name) sd e-mail addrees kalo ada
> Next
> Tentukan Accounting Year, current financial year dipilih tahun akhir periode akuntansi, last month dipilih bulan akhir periode akuntansi, conversion month dipilih bulan konversi/bulan data awal di MYOB, & number of accounting period biarkan pada pilihan twelve
> Next
> Next
> Pilih pilihan Build your account list, kalo mau buat akun dalam bahasa indonesia sebaiknya pilih i would like to import … (supaya lebih mudah menambah akun)
> Klik change untuk menempatkan data mau disimpin dimana (bebas, misal di MY Document)
> Tunggu proses penyimpanan, kemudian pilih Command Centre.


Sumber :
-http://suhailykamil.wordpress.com/2011/10/19/myob/
-http://dc337.4shared.com/doc/-2jap2hz/preview.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar